![]() |
gridrun.me |
Apakah Bisnis Anda Mencolok Dibanding Bisnis Lainnya?
Unggul di antara yang sudah ada itu merupakan aspek penting dan salah satu fondasi utama dari strategi pemasaran apa pun. Pada masa sekarang ini, orang disuguhi banyak sekali pilihan. Dengan adanya internet, pilihan itu semakin bertambah lagi. Jika orang tidak dapat menemukan nomor Anda dengan mudah atau Anda tersembunyi di antara para kompetitor, Anda berada dalam masalah. Anda harus menyampaikan pesan yang sangat jelas bahwa ‘saya di sini, saya siap, ingin, dan dapat memberikan layanan’, dan lebih penting lagi bahwa Anda sangat mahir di bidang yang Anda tekuni. Ada banyak sekali cara untuk meningkatkan peluang Anda tampil mencolok dibanding yang lain, di antaranya:
Promosikan bisnis Anda dari luar ke dalam.
Pasang pesan Anda di kendaraan perusahaan.
Ubah faktur Anda menjadi alat penjualan.
‘Jual’ diri Anda meski Anda tidak ada di sana.
Gunakan internet agar selalu mengetahui perkembangan yang terjadi.
Seragam yang baik akan membuat semua orang terkesan.
Buat kemasan yang bagus.
Jangan meremehkan pentingnya kartu nama.
Apakah nama usaha Anda mudah diingat?
Promosikan bisnis Anda dari luar ke dalam
Promosikan bisnis Anda dengan penuh rasa bangga, bubuhkan papan nama di dinding. Saya pernah menangani perusahaan desain grafik besar yang memiliki kantor megah di salah satu simpang jalan tersibuk di kota. Mereka punya dinding besar yang terlihat dari sudut mana saja, tetapi sayang tidak memasang tanda apa pun di atasnya. Akhirnya, mereka pindah lantaran bisnisnya suram. Jika saja mereka mau menyisihkan beberapa juta untuk papan usaha sederhana, hasilnya pasti akan jauh lebih baik.
Papan nama luar-ruangan mampu memberikan efek non-stop: tujuh hari seminggu, 24 jam sehari, tak peduli kantor Anda sedang buka atau tidak. Manfaatkan media ini semaksimal mungkin. Jangan lupa soal regulasi pemerintah daerah setempat tentang peraturan pemasangan papan usaha, terutama mengenai ukurannya. Patuhi regulasi ini, tetapi buat papan usaha Anda sebesar yang diizinkan. Jangan membuat yang terlalu sesak, cukup beberapa kata yang menggarisbawahi bisnis Anda dan waktu bukanya. Buat warna yang mencolok dan periksa secara detail jangan sampai terjadi salah eja ataupun tata bahasa.
Saya pernah memiliki Sekolah Menyelam SCUBA. Suatu hari, saya meletakkan sebuah boneka di atap, lengkap dengan peralatan menyelam, dan terlihat sangat nyata. Jangkauan dan paparan yang diberikan boneka ini kepada bisnis saya cukup luar biasa karena suatu malam, boneka ini dicuri. Radio lokal, televisi, dan koran, semuanya mengabarkan berita itu dan boneka itu pun menjadi barang buruan. Belakangan, saya menghitung bahwa boneka ini berikut peristiwa hilangnya boneka tersebut setara dengan iklan senilai 200 juta dan saya tidak mengeluarkan sepeser pun.
Kunjungi kantor, toko, atau pabrik pesaing Anda untuk menentukan bagaimana membuat papan bisnis Anda lebih memikat calon pelanggan.
Ingat, tulisan papan usaha Anda harus selaras dengan citra perusahaan dan warnanya. Karena jika tidak, semuanya akan terlihat kacau dan membingungkan bagi bakal pelanggan. Buat tulisan yang sederhana dan mudah dibaca.
Satu lagi, jangan lupa menyertakan waktu buka bisnis Anda ataupun jam penjualan Anda. Tentu akan sangat runyam jika orang duduk di luar kantor Anda pukul 08.15 pada hari Sabtu, bertanya tanya kapan kantor akan buka hari itu, apakah pukul 08.30, 09.00 atau pukul berapa.
gridrun.me